-->
Senin, 28 Desember 2015

Resep Bolu Gulung Meranti Asli Medan

Bolu Gulung
Resep Bolu Gulung Meranti Asli Medan. Bolu gulung meranti merupakan makanan asli Indonesia yang berasal dari kota Medan. Bolu ini pertama kali dibuat oleh Nyonya Ai Ling yang memang sangat hobi membuat kue. Pada saat itu, ia sering menitipkan kue buatannya pada tantenya yang berada di Jalan Meranti.

Kue buatannya tersebut ternyata sangat disukai oleh konsumen. Setiap hari pembelinya semakin bertambah, bahkan dari luar kota sekalipun. Akhirnya, bolu gulung tersebut terkenal dengan nama bolu gulung meranti yang mengambil nama dari jalan tempat tantenya jualan tersebut.

Bolu gulung meranti merupakan jajanan kue bolu yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue yang satu ini sangat sering ditemukan saat acara-acara penting, terutama acara yang melibatkan keluarga seperti arisan, pernikahan, pengajian, dan lain sebagainya.

Dengan cita rasa lembut dan nikmat, kue bolu gulung meranti juga sangat cocok disajikan sebagai camilan saat santai bersama dengan keluarga tercinta. Dijamin kue satu ini akan membuat suasana santai Anda semakin seru dan terkesan.

Kelebihan bolu gulung meranti khas medan ini adalah bolunya yang bisa tahan hingga 3 hari. bahkan setelah dimasukkan ke dalam lemari pendingin beberapa hari pun masih terasa moist banget. aroma bolu gulung meranti yang wangi khas, menambah selera untuk segera menikmatinya. eehmm yumi, begitu enak dimulut dan terasa creamy sekali.

Bentuk dari bolu meranti ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bolu gulung lainnya. Namun bolu ini memiliki tekstur yang lembut serta cita rasa yang sangat khas. Tampilannya juga akan membuat siapapun yang melihatnya akan menahan nafas, apalagi jika sudah diberi toping keju, coklat, dan lainnya.

Kini bolu gulung meranti sudah seakan menjadi oleh-oleh wajib dari Medan selain Bika Ambon. Medan juga popular dengan bolu gulungnya, terutama Bolu Gulung Meranti yang terletak di Jalan Meranti. Banyak jenis isi bolu meranti ada blue berry, strawberry, keju, mocca dll demikian juga dengan ukuran gulungannya ada yang kecil dan ada yang standard. 

Untuk membuat Bolu Gulung yang sempurna, dibutuhkan cake yang cukup lentur untuk bisa digulung. Permukaan cake juga harus cukup kering agar tidak lengket di permukaan serbet atau kertas yang kita gunakan untuk menggulung. Untuk pemula, biasanya selalu bermasalah dengan permukaan cake ini. Kadang terlalu kering sehingga cake saat digulung menjadi retak, dan seringkali malah kurang kering sehingga kulitnya lengket.

Bagaimana, penasaran akan Bahan-bahan Bolu Gulung Meranti asli Medan? jika begitu, yuck segera disimak Artikel resepnya dibawah ini.

Bolu Gulung Meranti

Bahan A Bolu Gulung Meranti Khas Medan
  • Kuning telur 6 butir
  • Telur antero 5 butir
  • Gula pasir 125 gram
  • Emulsifier 10 gram
  • Susu bubuk 20 gram
  • Tepung terigu 100 gram
  • Baking powder 1 gram
  • Air 1 sendok makan
Bahan B Bolu Gulung Meranti Khas Medan ( Cairkan )
  • Butter 100 gram
  • Maragrine 25 gram
  • Extrak vanila 1 sendok makan
Bahan Isi Bolu Gulung Meranti Khas Medan
  • Selai strawberry ( untuk bolu gulung isi straeberry )
  • Buttercream dan Keju cheddar parut ( Untuk bolu gulung isi Keju )
Cara Membuat Bolu Gulung Meranti Khas Medan
  1. Langkah awal, panaskan oven 180 derajat celcius, kemudian olesi loyang ukuran 30 x 30 centi meter dengan sedikit margarin hingga rata, lalu alasi dasarnya dengan kertas roti, sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental berjejak. masukkan air, lalu kocok kembali.
  3. Setelah itu masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak, aduk hingga rata. kemudian masukkan Bahan B, aduk balik hingga rata dan homogen. ( cara mudahnya, masukkan semua bahan A kedalam baskom, kocok dengan kecepatan tinggi kurang lebih selama 15 menit sampai kental berjejak. kemudian masukkan Bahan B, aduk rata dengan metode kaup balik)
  4. Tuang adonan kedalam loyang, angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan. bertujuan agar mengeluarkan gelembung udara yang ada dalam adonan. panggang selama 20 hingga 30 menit atau tergantung kondisi oven masing-masing.
  5. Jika sudah matang, angkat dan keluarkan dari dalam loyang agar bolu tidak turun. dinginkan, bolu pun siap diberi isi dengan isian yang sudah disiapkan tadi, yaitu selai strawbery dan keju, olesi rapih lalu digulung.
  6. Setelah diberi isian dan digulung rapih dengan menggunakan kertas roti, jangan lupa masukkan sebentar bolu gulung ke dalam kulkas agar bolu lebih padat dan tidak terbuka gulungannya. proses ini hanya memerlukan waktu 10 menit saja.
  7. Resep Bolu Gulung Meranti Khas Medan pun siap dipotong-potong dan disajikan.
Sekian informasi resep bolu gulung meranti nikmat dan spesial asli Medan. Selamat mencoba resep tersebut di rumah dan semoga informasi pada kesempatan kali ini menjadi sumber inspirasi bagi Anda dalam membuat masakan yang sehat dan bergizi tinggi.

Resep Bolu Gulung Meranti Asli Medan - Resep Masakan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+