-->
Senin, 25 Januari 2016

Bahaya Jika Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Hal ini

Punya anak yang cerdas dan kritis memang sangat menyenangkan apalagi yang ditanyakan seputar ilmu pengetahuan, namun kita selaku orang tua juga harus pandai dalam menjawabnya agar tidak terjadi masalah. Terlebih lagi jika anak kecil kita mulai bertanya tentang seks dan semacamnya, kita harus pandai menjawab yang santun tidak vulgar sehingga bisa dimengerti oleh akal nalar anak kita. Jika memang anda memiliki anak yang mulai bertanya soal seks berikut ini beberapa cara menjawabnya seperti yang diintisarikan oleh Alvin dari buku Mas Masykur Arif Rahman dengan judul “Pertanyaan-pertanyaan Anak yang Tidak Bisa Dijawab Orangtua” yang semoga dapat membantu menjawab pertanyaan anak.
  • Bunda kenapa dada bunda besar dan dada adek kecil?
Jika yang bertanya anak laki-laki, maka jawabannya: “Sayang, dada bunda besar sebab bunda wanita yang telah 30 tahun usianya, adek kan laki-laki jadi dadanya kecil.

Jika yang bertanya anak perempuan, jawabannya: “Sayang, dada bunda besar sebab usia bunda telah 30 tahun, umur adek kan masih 4 tahun, nanti andai sudah seusia bunda adek pun akan laksana bunda.
  • Bunda. kenapa laki-laki dan perempuan berbeda?
Allah mencipta laki-laki dan wanita berbeda. Kenapa berbeda, guna saling melengkapi. Kamu tahu kan ada siang dan malam. Kalau siang terus kasihan adek kepanasan. Makanya ada juga malam. Begitu pun ada bunda dan ayah. Jika seluruh dunia ini wanita seperti bunda, maka siapa yang bekerja memberi makan bunda yang hamil? Jika di dunia ini hanya ada ayah saja, maka siapa yang akan hamil?
  • Bunda, bolehkah adek menikah?
Boleh sayang, tapi nanti kalau sudah besar dan dewasa ya.
  • Bunda, kenapa orang dewasa ciuman?
Analisa dulu si anak menyaksikan adegan ciuman tersebut dimana dan kapan. Apakah sebab melihat ayah bundanya, atau di jalanan atau lingkungan sekitar atau di tivi. Jawaban tersebut* akan memberikan ayah, bunda gambaran ke depan untuk menutup akses agar anak tidak menyaksikan hal yang demikian lagi.

Lalu jawabannya: “Sayang, ciuman ialah tanda cinta orang yang telah menikah namun tidak boleh dilakukan di lokasi umum dan tidak boleh disaksikan orang lain. Kalau belum menikah jangan ciuman. Begitupun andai adek lihat orang ciuman, juga tidak boleh. Harus menundukkan pandangan.
  • Bunda, kenapa bunda bisa hamil dan ayah tidak?
Sayang, bunda bisa hamil sebab bunda perempuan, sementara ayah tidak dapat hamil sebab ayah laki-laki.

Kemudian andai anak belum puas dengan jawaban tersebut?  Maka tambahlah jawaban, ” Sayang, di perut bunda terdapat rahim dimana bayi tumbuh, tetapi di perut ayah tidak ada. Jadi bunda lah yang hamil dan ayah tidak hamil.

Demikian beberapa alternatif jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan anak seputar seks, semoga dapat membantu orangtua dalam memberi jawaban yang memuaskan pemikiran anak.
Silahkan di share mungkin ada orang lain yang belum mengerti cara menjawab pertanyaan anak tentang seks dan seputarnya, sehingga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat buat sesama.
Indahnya berbagi ilmu kebaikan. 
.
Bahaya Jika Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Hal ini - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat, berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+