-->
Sabtu, 02 Januari 2016

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara

Burung jalak adalah spesies burung yang termasuk dalam keluarga Sturnidae. burung jalak dikenal mudah dilatih untuk bicara. burung jalak ini bisa merekam kata-kata dan kalimat yang diajarkan manusia kepadanya.


Burung jalak memang dikenal dengan burung yang cerdas, di indonesia sendiri terdapat 26 spesies burung jalak. habitat burung jalak didunia cukup banyak, namun dari sekian banyak spesies yang ada hanya Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara. empat di antaranya berhabitat di indonesia.

Jaman dulu burung jalak sudah dikenal sebagai burung peliharaan, hal ini berlaku di seluruh dunia. bangsawan Jawa jaman dahulu dan bangsawan Yunani Kuno bangga jika bisa memelihara burung jalak dirumahnya. bahkan di India burung jalak ini dianggap sebagai burung suci selama lebih 2000 tahun.

Burung jalak termasuk dalam kategori burung cerdas yang kepandaiannya dan kemampuannya dalam meniru berbagai macam suara ini mirip dengan burung Kakatua dan Nuri Abu-abu Afrika. hal ini yang membuat orang-orang tertarik untuk memelihara burung jalak dirumahnya.

Berikut ini Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara

1. Jalak Eropa (Sturnus Vulgaris)

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara
Jenis jalak ini adalah jenis burung jalak dari keluarga Sturniadae yang terbaik di Eropa dan Asia Barat, biasanya disebut dengan nama Jalak Eropa atau lebih dikenal dengan Common Starling (Sturnus Vulgaris).

Burung jalak eropa ini sangat populer dikalangan penggemar burung di Eropa, kemampuannya untuk merekam dan menirukan suara manusia teribilang sangat baik, hal ini menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi penggemar burung jalak.

Selain itu burung ini sangat unik, burung yang suka melakukan migrasi secara massal ini terkenal membentuk formasi terbang dengan pola Black Sun, ribuan burung terbang kemudia menri-nari di langit menjelang matahari terbenam.

2. Jalak Kerbau (Acridotheres Javanicus)

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara
Dari namanya saja sudah jelas Jalak Kerbau (Acridotheres Javanicus) adalah jalak yang berhabitat asli di indonesia, spesies jalak ini biasanya ditemukan di daerah pertanian, perkebunan dan di pekarangan rumah dikawasan pedesaan.

Nama jalak kerbau sendiri diambil karena burung jalak ini gemar bertengger di tubuh kerbau, dulu burung jalak kerbau mudah ditemukan didaerah persawahan. namun sekarang berangsur-angsur mulai menghilang akibat alihfungsi lahan pertanian menjadi pemukiman.

Namun kamu jangan khawatir, karena kamu masih dapat menjumpai jalak kerbau ini di pasar burung, jalak kerbau cukup cerdas karena hanya mampu menirukan suara dan kalimat pendek saja, biasanya diucapkan sambil menganggukkan kepala.

3. Jalak Ungu (Acridotheres Tristis)

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara
Para Ornitholog Indonesia menyebutnya Burung Kerak Ungu, atau dalam literatur mancanegara disebut Common Myna (Acridotheres Tristis). burung jalak ini termasuk dalam keluarga jalak-jalakan dan di indonesia disebut dengan jalak ungu.

Jalak ungu ini berhabitat asli di Afganistan, India, sampai baratdaya China, dan Semenanjung Malaysia di Asia Tenggara, jalak ungu yang ada di indonesia dipresiksi berasal dari burung lepasan atau burung jalak yang migrasi saat musim dingin.

Burung ini cukup pintar dalam menirukan suara dan kalimat manusia, lebih cerdas dari burung jalak kerbau karena mampu merekam dan mengucapkan kalimat yang panjang. hal ini membuat burung jalak ungu atau kerak ungu banyak diminati oleh banyak penyuka burung didunia.

4. Burung Beo (Gracula Religiosa)

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara
Burung Beo atau Common Hill Myna (Gracula religiosa) adalah jenis jalak yang sangat cerdas dan memiliki kemampuan luar biasa dalam menirukan berbagai macam suara. jalak ini adalah jenis jalak cerdas yang paling cerdas dari yang lain.

Burung Beo yang pintar berbicara didapat dengan cara melatihnya sejak masih anakan atau trotolan. perbanyak interaksi dengan burung beo maka akan mempercepat proses peniruan suara yang diajarkannya.

Sebagai alternatif jika kamu sibuk dan tidak sempat melatih burung beo, maka kamu juga bisa menggunakan rekaman suara khusus untuk melatih burung beo, dengan cara ini kamu bisa bersantai sambil menunggu burung beo jadi cerdas dalam menirukan berbagai macam suara.

5. Jalak Suren (Sturnus Contra)

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara
Burung ini banyak tersebar mulai dari Anak benua India hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Jalak Suren atau Pied Myna (Sturnus Contra) sangat mudah ditemukan di Pulau Jawa pada tahun 1970-an.

Saat ini jalak suren susah ditemukan dialam bebas akibat dari penggunaan pestisida berlebihan dan perubahan lahan pertanian ke lahan pemukiman penduduk. sebaliknya mudah ditemukan dipenangkaran burung diberbagai daerah, karena sudah mulai dibudidaya.

Kecerdasannya dalam menirukan suara manusia sangat mirip dengan burung beo, namun tetap saja tidak sefasih burung beo. jalak suren cukup populer dimata pecinta burung karena hal ini, jalak ini dikenal dengan burung peliharaan dan burung masteran. [next]

6. Jalak Hongkong (Sturnus Nigricollis)

Black-Collared starling (Sturnus Nigricollis) atau biasa disebut dengan Jalak hongkong sempat populer di indonesia beberapa tahun lalu. dengan ukuran tubuh besar jika dibandingkan dengan jalak kerbau, jalak suren, dan jalak ungu. burung jalak ini mudah dikenali

Sura kicauannya cukup lantang dan keras jika dibandingkan dengan jenis burung jalak yang lainnya. suara yang dikeluarkan oleh jalak ini sangat lucu karena mirip suara anak kecil, sering juga berupa jeritan melengkin yang keras.

Untuk urusan menirukan suara manusia, jalak hongkong terbilang cukup cerdas. semua jenis jalak memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menirukan suara manusia, namun seberapa lamanya latihan tersebut tergantung dengan kecerdasan si burung jalak yang dilatihnya. Itulah ke Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara, tertarik untuk memeliharanya kan? burung jalak yang bisa bicara seperti ini cocok untuk merelaksasi fikiran kamu setelah seharian full padat dengan katifitas termasuk bekerja.

Enam Spesies Burung Jalak Cerdas yang Bisa dilatih Bicara - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+