-->
Selasa, 05 Januari 2016

SUBHANALLAH ===>>> Dari Saung-Saung Sederhana Ini, Lahir Ratusan Penghafal Alquran

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tdak jarang pola pendidikan di pondok pesantren jga semakin modern. Baik hal itu terkait sistem pembelajaran maupun fasilitas yg dimiliki pondok pesantren.


Namun hal itu berbeda dgn dengan Pondok Pesantren Al Haromain yg berada di Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog. Sebab, pondok pesantren tersebut masih menggunakan saung atau gubug bambu untuk menampung anak didiknya. Selain itu sistem pengajarannya jg masih bisa dibilang kuno.

Pengasuh Ponpes Al Haromain K. Khumaidi Al Hafidz mengatakan, untuk bisa membuat anak didik lebih nyaman serta bisa menghafal Alquran dgn cepat, memang diperlukan suasana nyaman, hening dan sederhana. Seperti halnya fasilitas yang ada di pondok tersebut.

Pondok pesantren yg mempunyai santri sekitar 120 orang tersebut, memiliki saung sebanyak 15 unit, dengan masing-masing saung memiliki ukuran lebar sekitar 5 x 5 meter. “Saung ini memang untuk tempat tidur santri, namun untuk kegiatan mengaji kita jga ada tempatnya sendiri, yakni saung yang berukuran agak lebar sekitar 8 x 8 meter seperti panggung. Yang penting, intinya ialah bagaiamana bisa memberikan mereka kenyamanan dlm mengaji dan menghafal Alquran,” paparnya.

Dari tempat sederhana itulah, pondok pesantren tersebut jg bisa meluluskan salah satu santrinya yg bernama Rohmat, yg saat ini bs memasuki perguruan tinggi di Kota Surabaya dengan melewati Jalur khusus. Yakni melalui test hafidz atau hafalan Alquran. 
“Ya alhamdulillah kesederhanaan atau kesalafan sistem pengajaran ini tidak membuat surut semangat para santri. Sebab mereka juga bisa membuktikan kpada masyarakat, bahwa mereka bs diterima di perguruan tinggi di Kota surabaya lewat jalur hafalan Alquran. Selain itu, menurut sy orang mencari ilmu memang harus berani “rekoso” ikhtiar lahir batin, jauh dari kemewahan,” ujarnya.

Dia Menambahkan, selain perguruan tinggi di Suarabaya, santri dari lulusan Ponpes Al Haromain jg ada yg mendaftar di UNNISULA Semarang melewati jalur hafidz. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)


SUBHANALLAH ===>>> Dari Saung-Saung Sederhana Ini, Lahir Ratusan Penghafal Alquran - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat dan Berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+