-->
Rabu, 01 Juli 2015

Resep Membuat Kue Garpu Yang Renyah dan Tahan Lama

Kue Garpu
Cara membuat kue garpu. Kue yang satu ini termasuk kue andalan pada saat momen lebaran. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang kriuk membuat kita asik menikmatinya sambil ngobrol dengan sanak saudara atau teman teman. Kue ini disebut sebagai kue garpu bukan karena kue ini mirip dengan garpu tapi kerena dalam membuatnya menggunakan garpu sebagai alat mencetaknya.

Untuk masyarakat Indonesia resep kue garpu ini sudah cukup dikenal terutama masyarakat muslim yang pada biasanya membuat kue ini diwaktu bulan puasa untuk hidangan hari raya. Cara membuat kue garpu ini tidaklah sulit, tapi juga tidak mudah. Proses yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran adalah pada saat mencetaknya satupersatu menggunakan  garpu makan.

Nah bagi anda yang ingin membuat kue garpu ini untuk sajian lebaran berikut akan kami sajikan resep kue garpu dan cara membuatnya.

Kue Garpu

Bahan bahan:
  1. Tepung terigu 300 gr
  2. Tepung Kanji 30 gr
  3. Telur, 1 butir (dikocok)
  4. Mentega 30 gr (lelehkan)
  5. baking powder 1/4 sdt
  6. Garam (secukupnya)
  7. Kaldu bubuk 1 sdt
  8. Minyak goreng 500 ml
  9. Daun bawang 1 batang (dirajang halus)

Cara Membuat Kue Garpu Renyah:
  • Campurkan kesemua bahan terlebih dahulu yaitu tepung terigu, kanji, daun bawang, kaldu bubuk, baking powder garam secukup rasa dan juga mentega yang sudah dilelehkan aduk hingga merata.
  • Masukkan telur yang sudah dikocok kemudian uleni perlahan lahan hingga benar benar kalis.
  • Tahap berikutnya gunakan garpu makan untuk mencetak adonan dengan cara sbb : ambil kira kira sebesar kelereng kemudian pipihkan di bagian belakan kepala garpu hingga menyeluruh dan gulung perlahan lahan.
  • Lakukan terus menerus hingga adonan habis.
  • Setelah selesai membentuk adonan, selanjutnya panaskan minyak dan goreng hingga berwarna emas kecoklatan atau hingga matang. Angkat lalu tiriskan hingga minyak mengering.
  • Setelah dingin kue garpu siap untuk di sajikan atau simpan kedalam wadah yang kedap udara agar tahan lama kerenyahanya.

Demikianlah resep kue garpu yang kami sajikan dan bagaimana cara membuat kue garpu yang renyah agar tahan lama. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari raya.

Baca Juga :

>> Kumpulan Resep Kue Kering

>> Kumpulan Resep Kue Basah

>> Kumpulan Resep Jajanan Pasar

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+