-->
Minggu, 01 Maret 2020

Bajigur by Rini Julia | Aneka Tips Memasak


Bajigur
by Rini Julia

Alhamdulillah hari ini saya masih bisa di beri kesempatan untuk membuat minuman penyegar tenggorokan ibu. Dulu ibu selalu membuat minuman ini namanya bajigur, saya suka banget sama bajigur karena di minumnya ketika masih hangat dan cenderung agak panas, di tenggorokan rasanya enak banget apalagi cuaca lagi dingin seperti sekarang ini, cocok banget kan minum bajigur..., O iya saya buat ini di sesuaikan dengan santan yang saya punya, jadi saya hanya buat setengah dari resep yang saya tulis.

Bahan-bahan:
100 gram jahe
4 lembar daun pandan
500 ml air
125 gula merah
50 gram gula pasir
500 ml santan
1 sdt kopi instan
Sedikit garam

Langkah:
1. Siapkan semua keperluan untuk membuat bajigur


2. Kupas jahe, memarkan. Robek-robek daun pandan, ikat simpul. Masukkan jahe, daun pandan, dan air ke dalam panci. Jerang di atas api sedang hingga mendidih. Kecilkan api, tutup panci. Teruskan memasak hingga baunya harum (±  10 menit).


3. Masukkan gula merah dan gula pasir, masak sambil sesekali diaduk hingga gula larut, angkat. Saring, buang ampasnya.



4. Jerang kembali air gula-jahe di atas api. Tambahkan santan, dan daun pandan, aduk-aduk agar santan tidak pecah.



5. Masukkan larutan kopi, aduk hingga tercampur rata. Didihkan kembali, angkat. Dan siap di sajikan.






from Aneka Kue dan Minuman https://ift.tt/2TepFbi
Bajigur by Rini Julia - Aneka Tips Memasak

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+