-->
Jumat, 27 Maret 2020

Tuna Sambal Matah Rice Bowl by Andra Oktaviani - Resep Masakan


Tuna Sambal Matah Rice Bowl
by Andra Oktaviani

Beberapa waktu lalu, menu beragam rice bowl ini happening banget. Tapi harganya bikin kantong jebol. Satu porsinya bisa dihargai lebih dari Rp40 ribu. Mahal banget kan?
Nah, jadilah saya coba-coba bikin sendiri di rumah. Dari banyak menu rice bowl kekinian yang ada, saya paling tertarik sama si tuna sambal matah ini.
Saya memang suka tuna. Saya juga suka sambal matah. Perpaduan ini pasti sempurna banget. Penasaran juga? Yuk coba resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan:
2 porsi

1/4 kg Tuna fillet
10 siung Bawang merah
8 buah Cabai rawit merah, iris tipis
2 batang Serai, iris tipis
5 lembar Daun jeruk, iris tipis
1 buah Tomat besar, potong dadu kecil
Perasan air jeruk nipis
Kaldu bubuk
Garam
Minyak goreng

Langkah:
30 menit

- Cuci bersih fillet tuna. Baluri dengan air perasan jeruk dan garam. Diamkan selama 5 menit.
- Panaskan minyak. Goreng tuna hingga matang, tapi jangan terlalu kering ya. Angkat tuna, tiriskan, lalu hancurkan dengan menggunakan garpu atau suwir dengan tangan. Sisihkan.
- Campurkan irisan tipis bawang merah, cabai rawit merah, batang serai, dan daun jeruk dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis.
- Panaskan minyak bekas menggoreng tuna. Tuangkan ke dalam mangkuk campuran bawang merah, cabai rawit merah, batang serai, dan daun jeruk. Aduk rata. Tambahkan kaldu bubuk, koreksi rasa.
- Campurkan sambal matah yang masih panas dengan tuna yang sudah disuwir. Aduk rata.
- Untuk penyajiannya, masukkan nasi ke dalam mangkuk saji. Tambahkan tuna sambal matah di atasnya. Tuna sambal matah rice bowl siap dinikmati!




from Resep Aneka Ikan https://ift.tt/2UIYWms
Tuna Sambal Matah Rice Bowl by Andra Oktaviani - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat, berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+