-->
Senin, 24 Agustus 2020

Dendeng Balado Basah Khas Minang by : Herda's Kitchen | Resep Masakan Ikan



Dendeng Balado Basah Khas Minang
by : Herda's Kitchen

Dendeng Balado Basah ini bisa disajikan dalam acara resepsi pernikahan kami tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan!!! Alhamdulillaaaaahhh... Kalo rejeki emang ga kemana ya kaaaan. Kalau makan dendeng balado basah jadi inget perjuangannya untuk menghadirkan masakan ini di hari pernikahanku dan suami. Resep dendeng balado basah yg aku buat kebetulan aku dapat dari tante suamiku, resep asli dari Bukittinggi. Rasanya Insya Allaaah, enaaak!!! Yuuukk, dicoba coba...

Bahan-bahan :
1 kg daging sapi
1500 ml air matang
Minyak yg banyak untuk menggoreng daging

😊 Bahan Perendam Daging (haluskan) :
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 sdm garam

😊 Bahan Cemplung :
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, geprek
3 sdm air asam jawa

😊 Bumbu Sambal Balado :
15 buah cabai merah besar
10 siung bawang merah
3 lembar daun jeruk
2 sdm air jeruk nipis
1 kembang lawang
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
200 ml minyak goreng

Langkah :
1. Pertama, lumuri daging dengan garam dan bumbu perendam. Diamkan kurleb 30 menit sebelum direbus.


2. Siapkan panci presto/panci biasa untuk merebus daging (aku pakai panci presto). Masukan air, daging + bumbu perendamnya, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, dan garam. Rebus daging kurleb 30 menit atau sampai daging empuk.

3. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan. Dinginkan daging sebentar, lalu potong potong dan pukul sedikit agar daging lebih pipih.


4. Panaskan minyak agak banyak untuk menggoreng daging. Goreng daging sebentar saja, tidak perlu sampai kering. Balik sekali saja di setiap sisinya. Angkat, tiriskan. Tata di atas piring saji.


5. Kemudian kita membuat bumbu baladonya. Uleg/tumbuk kasar cabai merah besar, garam dan bawang merah. Siapkan pula jeruk nipis dan daun jeruk.


6. Panaskan minyak goreng, masukan cabai dan bawang yg sudah ditumbuk, kembang lawang + daun jeruk. Masak hingga cabai layu. Setelah itu masukan gula pasir, garam, dan air jeruk nipis. Jangan lupa cicipi rasanya. Masak hingga sambal balado matang.


7. Siramkan sambal balado di atas dendeng yg sudah digoreng. Atau boleh juga kalau daging dendeng dimasukan ke dalam sambal balado lalu diaduk sedikit hingga bumbu menutupi daging.

8. Selesaaaii, siap dihidangkan... selamat mencoba!


9. NOTE 1 : kalau suka pedas bgt, bisa ditambahkan cabai merah keriting atau cabai rawit merah, nanti ditumbuk kasar bersama dengan bawang merah. Untuk tingkat keasaman bumbu balado juga sama, kalau suka yg asem asem segar bs ditambahkan lagi air jeruk nipisnya/cuka masak.

10. NOTE 2 : untuk penggunaan penyedap rasa, itu sesuai selera yaaaa. Boleh pakai, boleh jg ga pakai. Biasanya ada yg pakai mecin atau kaldu bubuk.

11. NOTE 3 : untuk menghadirkan rasa khas minang, jangan banyak banyak pakai gula pada sambal balado. Cukup sedikit saja. Kalau kebanyakan gula pasir nanti rasa sambalnya jadi mirip sambal dari masakan Sunda atau Jawa.




from Masakan Rumah https://ift.tt/2YvGi4m
Dendeng Balado Basah Khas Minang by : Herda's Kitchen Resep Masakan Ikan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+