-->
Jumat, 28 Agustus 2020

Tongseng kambing by : olive bunda qonita - Resep Masakan



Tongseng kambing
by : olive bunda qonita

Bismillah,meramaikan challenge #CABEKU dengan tema aneka olahan santan #bamasakjosantan dengan temen2 dari sumatera barat sebagai tuan rumahnya saya bikin tongseng kambing memanfaatkan daging qurban recook resepnya konco ngapak yang cantik 'putri christian' 😄😄 pokoknya tongsengnya muantep 👍👍

(Resep untuk 4 Porsi)

Bahan-bahan :
500 gram daging kambing,buang lemaknya supaya tidak bau prengus
500 ml dari 1 butir kelapa (sy pakai santan instan + air)
Secukupnya kol putih (saya 140 gram)
3 buah tomat potong besar2 (sy 1 buah uk.besar)
1 batang daun bawang iris 1 cm (tambahan saya)
5 sdm kecap manis
Secukupnya garam (saya 1,5 sdt)
Secukupnya gula (saya 1/4 keping kecil gula merah)
Secukupnya kaldu bubuk
3-4 sdm minyak untuk menumis bumbu
2 lembar daun salam

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 butir bawang putih
3 butir kemiri,sangrai
1 ruas jari kunyit,bakar
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica bubuk
6 buah cabe merah (saya ngga pake)
4 buah cabe rawit (saya biarkan utuh)

Bumbu Pelengkap :
2 batang serai,geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 ruas jari jahe,geprek
1 ruas jari lengkuas,geprek

Langkah :
1. Potong daging melawan serat supaya tidak alot.jangan cuci daging.didihkan air secukupnya,rebus daging dengan daun salam hingga empuk.angkat lalu bilas



2. Tumis bumbu halus,bumbu pelengkap dan cabe rawit hingga harum dan berminyak.masukan daging,aduk rata




3. Tambahkan kecap,aduk rata.tuang santan sambil diaduk hingga mendidih.masak beberapa menit supaya bumbu meresap




4. Masukan kol,tomat dan daun bawang.aduk rata.tambahkan garam,gula dan kaldu bubuk.aduk rata.test rasa lalu angkat



5. Sajikan




from Masakan Rumah https://ift.tt/34NiEV3
Tongseng kambing by : olive bunda qonita - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat, berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+