-->
Kamis, 17 Desember 2015

Resep Membuat Dadar Gulung Pandan Dengan Cream Custard Yang Enak

Dadar Gulung Pandan Cream Custard
Dadar Gulung Pandan Cream Custard - Akhirnya hari ini eksekusi juga resep ini..mudah banget ternyata...yuukk bunda dicoba....."Dadar Gulung Pandan Cream Custard"

Ada sedikit yang gak sesuai dengan resep,yaitu tepung maizena saya ganti deegan tepung custard...dan adonan kulit dadar nya saya langsung masak tanpa di diamkan di kulkas dulu..ternyata hasilnya sama saja mulusnya...

Modified: Ainie Dihati Adji

Resep Membuat Dadar Gulung Pandan Cream Custrad

Bahan cream custard
  • 4 butir kuning telur
  • 50 gram tepung maizena(saya pakai tepung custard)
  • 100 gram gula halus
  • 400 ml susu cair
  • 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk/vanili essence
  • 50 gram mentega/margarine

Bahan Dadar Gulung Pandan Cream Custard
  • 140 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
  • 300 sampai 400 ml susu cair
  • 2 butir telur suhu ruang
  • 25 gram mentega/margarine dilelehkan(tadi saja gak pakai)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanilla extract atau 1/4 sendok teh vanili bubuk/vanili essence
  • Beberapa tetes pasta pandan

Cara membuat Dadar Gulung Pandan Cream Custard

Membuat Cream Custard
  1. Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur, gula pasir dan tepung maizena, aduk dengan spatula balon hingga smooth. Sisihkan.
  2. Siapkan panci kecil, tuangkan susu cair. Masak susu dengan api kecil hingga hangat (jaga jangan sampai mendidih). Tambahkan mentega, aduk rata hingga mencair. Matikan kompor, biarkan susu sedikit mendingin. Tambahkan 50 ml susu cair ke adonan telur, aduk rata.
  3. Masukkan lagi 100 ml susu sehingga adonan telur menjadi encer, aduk rata. Masukkan adonan telur ke dalam sisa susu di panci. Panaskan larutan telur di kompor dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental menjadi krim yang padat dan tampak muncul letupan tanda adonan mendidih. Cicipi rasanya, jika masih terasa seperti tepung mentah, lanjutkan memasak. Angkat.

Note:
  • Untuk rasa cream lainnya maka bisa menambahkan beberapa tetes pasta coklat atau pandan, atau 1/2 sendok makan coklat bubuk di tepung maizena.
  • Untuk rasa mocha, aduk jadi satu 1/2 sendok makan coklat bubuk + 1 sendok teh kopi instan espresso dengan 50 ml air panas. Aduk rata dan campurkan adonan mocha ini ke krim yang sedang dimasak.
  • Untuk rasa durian, campurkan daging buah durian ke dalam krim dan masak sebentar hingga krim mengeras.
  • Tuangkan adonan custard ke mangkuk. Tutup permukaan krim dengan plastic wrap. Untuk mencegah permukaan custard membentuk lapisan keras maka pastikan plastik menempel rapat di permukaan custard tanpa ada rongga udara diantara krim dan plastik. Sisihkan.
  • Cream dalam wadah tertutup rapat tahan hingga 4 hari lamanya di kulkas

Membuat kulit Dadar Gulung Pandan Cream Custard :
  1. Siapkan mangkok besar,masukkan semua bahan(susu cairnya 300 ml dulu kalau dikiranya masih kental bisa ditambah lagi,kalau sudah encer gak perlu ditambah) lalu aduk sampai rata dan saring.
  2. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam. Proses ini perlu dilakukan agar gelembung-gelembung udara mengempis dan berkurang sehingga dadar tidak mudah robek ketika dimasak. Adonan tahan di dalam kulkas dalam wadah tertutup maksimal hingga 48 jam.(untuk proses ini saya skip,karena setelah diaduk saya saeing dan langsung saya panggang di teflon.)
  3. Siapkan pan/penggorengan anti lengket, jika memungkinkan gunakan pan yang tebal agar panas stabil dan dadar tidak mudah gosong. Saya menggunakan pan dengan diameter 20 cm. Panaskan penggorengan, olesi permukaannya dengan minyak goreng atau margarine dan serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Permukaan wajan harus terlapisi minyak dengan baik agar adonan tidak lengket kala dipanggang dan mudah dilepaskan, namun jaga jangan sampai wajan terlalu basah dengan minyak. Gunakan api kecil saat memasak dadar.
  4. Tuangkan 1 sendok sayur adonan, angkat pan sekitar 5 cm dari permukaan api, gulirkan wajan dengan cepat sehingga adonan mengalir dan menutup permukaan pan. Masak hingga permukaan dadar mengeras dan matang. Tuangkan adonan di piring datar agar mendingin. Lakukan hingga semua adonan habis.

Note:
  • Jika adonan sulit bergulir dan merata di permukaan pan maka mungkin adonan terlalu kental, tambahkan porsi susu cair sedikit, aduk rata. Porsi susu cair di resep sekitar 300 - 400 ml, namun kekentalan adonan juga tergantung dari besar kecilnya telur yang anda gunakan dan kelembaban tepung terigu.

Cara menggulung Dadar Gulung Pandan Cream Custard :
  1. Ambil satu lembar kulit dadar,lalu masukkan cream custard sesuai selera,lalu gulung kedepan,lipat kedua sisi tepi kulit dadar sebagai pengunci,lalu gulung ke depan sampai habis.
  2. Tata dalam piring dan siap disantap.

Selamat mencoba..

Resep Dan Cara membuat Dadar Gulung Pandan Cream Custard - Resep Masakan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+