-->
Selasa, 29 Desember 2015

Tips membuat kopi hitam secara tradisional yang nikmat

membuat kopi hitam secara tradisional
Kopi merupakan minuman yang nikmat dan terkenal sejak jaman dahulu kala. Awalnya, minuman kopi dibuat dengan cara konvesional yaitu dengan menyeduhkan air panas ke dalam kopi. Kopi hitam merupakan buah kopi yang diambil bijinya yang di olah menjadi sebuah biji kopi kering kemudian di proses melalui beberapa tahapan hingga akhirnya menjadi secangkir kopi. Biji Kopi memiliki keunggulan yang luar biasa ketika sudah disulap menjadi secangkir minuman kopi.

Selain memberikan kenikmatan, ternyata kopi juga dapat memberi manfaat bagi tubuh yaitu meningkatkan energi/ stamina. Kopi dapat meningkatkan energi karena mengandung stimulan yang disebut kafein, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia. Setelah anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Banyak uji coba terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek dari fungsi otak. Yakni termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.

Kandungan dari kopi hitam juga dapat membuat kita menjadi tahan melek atau susah tidur, sehingga cocok untuk diminum sehabis sarapan sebelum kita melakukan aktifitas yang padat. Cocok juga bagi anda yang dikejar deadline dan harus begadang, namun untuk alasan ini lebih baik jangan dilakukan terlalu sering karena tidak tidur dimalam hari dapat membahayakan kesehatan.

Jika dilihat secara kasat mata, cara membuat kopi hitam sangat mudah, namun jika dirasakan dengan seksama dan dipahami benar-benar ternyata membuat secangkir kopi hitam yang nikmat dan berkualitas itu sangat sulit dan tidak murah. Sehingga tidak heran jika kedai kopi yang menyajikan banyak pilihan kopi terkadang mematok harga sangat mahal karena bahan dan alat yang digunakan kualitasnya berbeda dengan bahan dan alat yang kita gunakan dirumah.

Namun dalam perkembangannya, kopi dibuat dengan menggunakan coffee maker (mesin pembuat kopi) yang bisa menghasilkan berbagai macam cita rasa jenis kopi, seperti espresso, cappuccino dll. Di bawah ini Tahapan Membuat Kopi:

Pertama, Pemilihan bubuk kopi. Anda bebas memilih jenis kopi robusta atau Arabica, kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Lampung...terserah saja, sesuaikan dengan selera anda. Bubuk kopi yang baik adalah bubuk kopi yang sangat halus. Ciri-cirinya adalah yang pertama: halus dan lembut seperti bedak bayi. yang kedua: saat diseduh, tak ada lagi ampas yang mengambang dipermukaan air. 

Kedua, Suhu air panas. Suhu air panas yang ideal untuk meyeduh kopi adalah antara 90˚ C - 95˚ C. Untuk mengetahui apakah suhu air sudah ideal atau belum, anda bisa menggunakan thermometer. Kalo gak punya, anda bisa bisa mengunakan cara ini: mendiamkan air yang sudah mendidih selama sekitar 1-2 menit, dengan itu akan didapat suhu air yang ideal.

Ketiga, Mencampurkan bubuk kopi dan gula. Jika anda pergi ke cafĂ© untuk minum kopi, maka anda akan mendapati kopi dengan gula yang terpisah, baik itu gula dalam sachet maupun gula cair. Untuk membuat kopi seduh yang nikmat, sebaiknya bubuk kopi dicampur dengan gula sebelum di seduh dengan air panas. Perbandingan yang pas, biasanya dengan takaran 1 sendok kopi dicampur dengan 1,5 sampai 2 sendok gula, dan ini berlaku kelipatannya, misal : anda mau pake 1 sendok kopi, berarti harus menyediakan 1,5-2 sendok gula. 

Keempat, Cara mengaduk. Setelah kopi, gula dan air bercampur, maka diperlukan cara mengaduk yang tepat untuk mendapatkan kopi yang nikmat. Biasanya, mengaduk kopi itu mengikuti arah jarum jam atau sebaliknya.

Bahan Membuat Kopi Hitam:
  • Bubuk Kopi Hitam secukupnya (1 Sdm)
  • Gula sesuai dengan selera
  • Coklat Bubuk 1/2 sdt
Cara Membuat Kopi Hitam:
  • Panaskan dua cangkir air dengan api sedang jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.
  • Jika air sudah panas atau hampir matang masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air kemudian aduk hingga air mendidih kemudian masukkan bubuk coklat.
  • Siapkan saringan kopi dari kain halus, dan dua buah mug sedang.
  • Tuang kopi hitam panas tadi ke salah satu mug sedang kemudian mulailah menyaring kopi hitam ke mug yang lain angkat tinggi-tinggi mug ketika menyaring dan lakukan berkali-kali sampai kopi hitam mengeluarkan busa.
  • Siapkan cangkir dengan gula kemudian saring lagi untuk terakhir kali ke dalam cangkir gula yang telah disiapkan. Hias kopi dengan grande sesuka anda. Rasa akan berbeda tergantung dengan bubuk kopi yang anda gunakan.
Sekarang, satu gelas kopi yang nikmat buatan anda sendiri sudah jadi. Jika mau lebih nikmat, kopi yang sudah jadi, bisa anda masak kembali, dengan catatan, jangan sampai airnya mendidih, cukup sampai mengeluarkan busa. Sekian dulu tips membuat kopi hitam secara tradisional yang nikmat, semoga bermaanfaat.

Tips membuat kopi hitam secara tradisional yang nikmat - Resep Masakan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+