-->
Sabtu, 02 Januari 2016

11 Cara MUDAH Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami ,MOHON SHARE

11 cara menghilangkan karang gigi secara alami
Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Karang gigi (disebut juga: kalkulus gigi) adalah plak yang menggumpal atau bertumpuk pada sela-sela gigi. Hal ini terjadi karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yang bersifat asam. Pada awal terbentuknya karang gigi berwarna kuning, tapi lama kelamaan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Jika anda mempunyai kebiasaan merokok, minum kopi atau minum teh justru akan semakin memperburuk kondisi tersebut.

Mungkin bagi sebagian orang karang gigi merupakan sesuatu yang tidak terlalu diperdulikan. Tapi tahukah anda akibat fatal yang terjadi jika anda membiarkan karang gigi terus bersarang di mulut anda? Menurut beberapa penelitian hal ini akan menyebabkan kanker mulut karena karang gigi akan menjadi bakteri yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.
Beberapa efek negatif dari karang gigi yaitu : 
  1. Menyebabkan bau mulut tak sedap
  2. Gangguan pencernaan serta pernafasan
  3. Infeksi pada gusi
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi karang gigi, dari pengobatan tradisional (alami) sampai dengan metode medis yang dilakukan oleh dokter gigi. Perbedaan kedua metode diatas adalah apabila mengobati karang gigi dengan bantuan dokter gigi atau medis memerlukan biaya yang cukup mahal. Namun demikian, sekarang justru banyak orang yang menggunakan bantuan dokter gigi untuk mengobati karang gigi. Hal ini terjadi karena menurut mereka dengan menggunakan metode ini akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan metode tradisional.

Lalu apakah cara menghilangkan karang gigi dengan metode tradisional (alami) tidak manjur ?? . . . Jangan salah kaprah dulu. Justru metode tradisional ini sangat dianjurkan karena metode ini aman untuk gigi serta tidak merusak email gigi. Untuk itulah, saya akan memaparkan beberapa cara menghilangkan karang gigi secara tradisional (alami) agar bisa diterapkan oleh pembaca untuk segera menghilangkan gangguan ini. Berikut ini adalah Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, diantara yaitu :

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami :
  1. Menggunakan Cengkeh
    Seperti yang kita ketahui jika cengkeh juga merupakan obat ampuh untuk menghilangkan plak gigi. Caranya sangat mudah, yaitu anda tinggal menggosokan cengkeh ke plak yang terdapat pada gigi anda, setelah itu dilanjutkan berkumur, selain itu efek positif yang bisa anda dapatkan adalah nafas yang lebih segar tercium dari mulut setelah melakukan kebiasaan ini.
  2. Mengurangi Konsumsi Makanan Yang Mengandung Gula Dan Tepung 
    Cara menghilangkan karang gigi bisa anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang bisa menyebabkan karang gigi. Makanan yang biasanya cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulkannya karang pada gigi. Apalagi jika anda sangat malas membersihkan gigi anda setelah mengkonsumsi makanan tersebut, tentu plak akan sangat cepat muncul dan menumpuk pada gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung mulai sekarang!
  3. Mengkonsumsi Buah Apel  
    Ya, buah apel ini memang banyak berguna bagi tubuh kita. Jika biasanya anda hanya tahu buah apel hanya untuk menu diet, kini anda bisa menggunakannya untuk membersihkan karang gigi. Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika anda ingin menggunakan buah apel untuk menghilangkan karang pada gigi, anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin. 
  4. Menggunakan Biji Asam Kawak 
    Cara ini mungkin asing bagi sebagian orang karena jarang orang yang menggunakan asam kawak sebagai obat penghilang plak gigi. Asam kawak bisa membantu menghilangkan plak gigi dengan cara menumbuk biji asam kawak sampai halus kemudian campurkan dengan sedikit air hangat. Lalu digunakan sebagai pasta gigi. Lakukan secara rutin agar karang gigi cepat hilang dan bersih dari gigi anda. 
  5. Bersiwak  
    Bersiwak menggunakan akar atau serat batang tumbuhan merupakan cara Islami yang alami untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Cara siwak ini telah diperkenalkan sejak dulu oleh Nabi Muhammad SAW bahkan disunnahkan untuk dilakukan. Bersiwak ini sama halnya dengan menggunakan benang gigi. Namun efek yang didapat lebih bersih dan menggunakan bahan herbal. Anda bisa membeli serat akar atau batang tumbuhan ini di toko-toko yang menyediakan khusus untuk bersiwak. Jika anda menerapkan siwak ini secara teratur maka karang pada gigi anda akan hilang secara alami.
  6. Mengkonsumsi Buah Melon 
    Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengonsumsi melon maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebesihan mulut akan tetap terjaga.
  7. Menggunakan Kulit Jeruk 
    Cara ini tergolong ampuh untuk membersihkan plak gigi. Terutama plak gigi yang membandel dan caranya pun cukup mudah. Anda tinggal menggosokan kulit jeruk bagian dalam ke gigi anda. Lakukan setelah makan akan efektif menghilangkan bau mulut.
  8. Mengkonsumsi Buah Strawberry 
    Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi. Cara terbaik yaitu dengan sering mengkonsumsi strawberry. Hal ini akan membantu mengikis karang gigi degan cepat.
  9. Menggunakan Baking Soda 
    Baking soda adalah merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan karang gigi. Cara penggunaanya, tuangkan 1 sendok baking soda lalu basahi sikat gigi menggunakan air kemudian jadikan baking soda sebagai pengganti pasta gigi.
  10. Flossing
    Flossing adalah cara menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang terletak pada celah antar gigi. Flossing merupakan salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karang gigi juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi dan mulut. Oleh karena itu dengan menggunakan flossing maka sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan. 
  11. Minum Air Putih 
    Cara menghilangkan karang gigi yang lebih sederhana adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih

11 Cara MUDAH Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami ,MOHON SHARE - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat dan Berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+