-->
Senin, 25 Januari 2016

Cara Atasi Insomnia Pada Ibu Hamil - Resep Masakan


Kehamilan adalah suatu hal yang pasti sangat dinantikan oleh pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan. Apalgi jika usia pernikahan mereka sudah menginjak ke angka 5 tahun, segala upaya pasti akan dilakukan untuk bisa memperoleh yang namanya ticket Kehamilan.
Selama kehamilan kadang ibu mengalami berbagai ganguuan fisik seperti mual, muntah, pusing dan lain sebagainya, termasuk yang sangat terjadi adalah gangguan susah tidur. Semakin bertambahnya usia kehamilan gangguan sulit tidur ini sering dialmi ibu hamil, bukan cuma itu saja, insomnia juga bisa terjadi pada wanita hamil.
Kenapa itu bisa terjadi?... berikut ini penjelasan dari dr Hari seperti yang dimuat dalam healthdetik.com:

Diungkapkan dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, penyebab insomnia pada ibu hamil bisa dikarenakan faktor fisik, psikis, maupun keduanya. Faktor fisik misalnya saja kapasitas kandung kencing yang terdesak karena besarnya rahim.

"Akibatnya, ibu jadi sering kencing lalu sering bangun di malam hari. Selain itu, gerakan janin yang seringkali mengagetkan ibu juga memengaruhi," tutur dr Hari .
Faktor lain yang dapat membuat ibu mengalami insomnia yaitu perubahan hormon yang berpengaruh pada kondisi emosional dan kecemasan yang dialami ibu. Untuk mengatasi insomnia di masa kehamilan, dr Hari mengatakan baiknya hindari penggunaan obat-obatan dan sebaliknya, lakukan modifikasi gaya hidup.
 "Yakinkan diri Anda bahwa semuanya baik-baik saja, tidak perlu terlalu cemas. Peran pasangan dan dokter Anda juga menentukan untuk menenangkan Anda," kata dr Hari.

Ayah satu anak ini berpesan hindari kafein dari teh, kopi, cokelat, atau asupan lainnya. Kemudian, lakukan aktivitas ringan dan hindari terlalu banyak berbaring dan tidak melakukan apapun. Menurut dr Hari, sekitar 75 persen ibu hamil dengan usia kandungan di atas 33 minggu umumnya akan mengalami kesulitan tidur.

Terkait efek kurang tidur pada ibu hamil, dr Hari mengatakan efek jangka pendek tidak terlalu bermakna. Tetapi apabila gejala semakin parah dan waktu tidur semakin kurang, sehingga mengurangi asupan makanan dan minuman Ibu, bisa juga akan memengaruhi janin.

"Yakinkan diri Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja. Semakin cemas akan mengakibatkan semakin sulit tidur," pesan pemilik akun twitter @drharinugroho ini.

Semoga sedikit pengetahuan ini bisa bermanfaat buat semua masyarakat, terutama untuk ibu hamil.
Berbagilah dengan sesama, silahkan di share informasi ini, semoga bisa menolong ibu hamil yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi susah tidur saat hamil.


Sumber: detik.com


from Redaksi Tiga http://ift.tt/1OL7Aro
Cara Atasi Insomnia Pada Ibu Hamil - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat, berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+