-->
Selasa, 11 April 2017

Brekecek Ikan Kembung by Ashalinaqueen | Resep Masakan Ikan



by Ashalinaqueen

Source : Rose Shanty @ cookpad
kalo baca ceritanya mba rose shanty, brekecek ini masakan khas Kota Cilacap dan memang lebih enak menggunakan ikan kembung.
Setelah mateng pas saya cicipin rasanya mirip2 dengan garang asem ala kota Tuban dan sedikit mirip dengan masakan asem pedes ala Pulau Bangka, tapi bumbunya berbeda dan punya ke khas-an nya masing2. Rasa masakannya syegerrr enakkk 😍 saya sukaa, secara emang saya pecinta makanan laut 😆😆 ah enaklahh pokonya 👍


Hasil jadi: 2 porsi
Bahan-bahan
4 ekor ikan kembung (bersihkan)
1 btng serai (memarkan)
3 cm laos (memarkan)
1 lbr daun salam
1 buah tomat (potong2)
500 ml air / secukupnya
Garam+gula+kaldu (sesuai selera)
Daun kemangi (secukupnya, saya skip karena ga punya)
Minyak goreng (secukupnya)
3-5 sdm air asam (tambahan dari saya)
Bumbu Halus (sesuaikan dengan selera):
5 btr cabe merah keriting
5 btr cabe rawit
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
3 cm kunyit
2 cm jahe


Langkah

Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu halus+laos+daun salam+serai sampai harum lalu masukan ikan+air+air asam.


Tunggu mendidih lalu tambahkan garam+gula+kaldu, masak sampai bumbu meresap dan didapat rasa yang pas. Terakhir masukan tomat+daun kemangi, biarkan layu lalu angkat.


Sajikan dengan nasi hangat 😍😍😍


***takaran air sesuaikan dengan selera, bisa dimasak berkuah agak banyak atau agak set^^






from Resep Aneka Ikan http://ift.tt/2nZ1ESs
Brekecek Ikan Kembung by Ashalinaqueen Resep Masakan Ikan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+