-->
Minggu, 12 April 2020

Ayam Suwir Sambal Matah by Cooking with Sheila - Resep Masakan


Ayam Suwir Sambal Matah
by Cooking with Sheila

Kemarin ke Bali makan nasi campur. Lihat menu ini dan saya kok suka banget. Langsung deh seperti biasa pikiran langsung melayang- layang, “Gimana cara bikinnya?!” Hahaha Cara saya sih simple banget. Resep sambal matah, saya sudah pernah share yah. Ini saya tulis kembali. Untuk ayam nya, saya rendam sebentar dan goreng kemudian suwir. Jangan pakai resep ayam bumbu kuning, menurut saya kurang cocok. Tip dari saya: Tambahkan kecap asin saat merendam ayam dalam bumbu. Walau berkesan bumbu Chinese tapi hanya 30 menit bikin cepat meresap loh. Dan jangan lupa ayamnya ditusuk-tusuk supaya lebih cepat meresap sampai ke dalam. Selamat mencoba.. Kalian yang suka pedas, wajib coba.. Please comment yang sudah coba ya.. Salah satu favorit terbaru saya.. Salam “Anyone can cook”

Bahan-bahan:
1 ekor ayam lehor, cuci bersih dan potong agak kecil
1-2 buah jeruk nipis
5 siung bawang putih, haluskan
1 sdm kecap asin, boleh di skip, tapi ini yang buat bumbu nya cepat meresap walau hanya direndam 30 menit
secukupnya Garam dan merica
1 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk

Bahan sambal matah:
12 butir bawang merah, iris tipis
3-4 batang serai dicacah halus atau iris tipis (bagian putih saja yang masih muda)
4 siung bawang putih, cacah halus
30 buah cabai rawit merah, iris tipis
8-10 lbr daun jeruk, buang serat nya dan iris tipis
3/4 sdt Garam
2 buah jeruk limau
1 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk
1 sdt gula pasir
secukupnya Minyak goreng panas

Langkah:
1.
– Rendam ayam dalam air jeruk nipis selama 10-15 menit dan cuci bersih. Tiriskan. Bumbuhi dengan kecap asin, bawang putih, 1 sdt kaldu bubuk, garam dan merica. Sisihkan selama 30 menit. Kemudian goreng hingga matang dan cokelat keemasan. Sisihkan kemudian suwir setelah agak dingin.
– Untuk sambal matah: Masukkan semua bahan kecuali minyak dalam mangkuk.
– Tambahkan minyak panas sisa menggoreng ayam. Aduk rata.
– Tambahkan perasan jeruk limau.
– Masukkan suwiran ayam. Aduk rata.

2.
– Sajikan bersama nasi putih hangat sudah sedap banget..Jangan lupa bawang goreng nya
Untuk 6-8 porsi




from Resep Aneka Ikan https://ift.tt/2XvDowB
Ayam Suwir Sambal Matah by Cooking with Sheila - Resep Masakan, Resep Kue Kering, Resep Kue Basah, Tips Sehat, berita Popular

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+