-->
Selasa, 14 April 2020

Bistik Ayam Banjar by Silva Malexhi | Resep Masakan Ikan


Bistik Ayam Banjar
by Silva Malexhi

Entah kenapa saya suka sama menu masakan yang satu ini. Sepertinya menu kuliner Kalsel sudah melekat di lidah saya. Yah... Mungkin karena sudah 10 tahun lebih merantau di Kalsel.
Biasanya bistik Ayam Banjar ini saya beli di warung makan khas Banjar di dekat rumah, tapi karena penasaran akhirnya saya mencoba membuat sendiri masakan ini di rumah dengan modal resep mbak Bunda Ela, salah satu penulis resep di cookpad yang paling sering saya recook masakannya. Yups... 1 kali bikin langsung suka karena memang rasanya persis seperti yang saya beli biasanya. Tahun 2019 pertama kali membuat sendiri masakan ini, karena saya dan keluarga di rumah suka, saya jadi membuatnya beberapa kali sepanjang tahun 2019 sebagai menu makan siang di rumah.
Untuk bumbu sendiri menurut saya tergolong sangat simple, hampir mirip dengan ayam masak kecap yang biasa saya buat di rumah, tapi dengan tambahan cengkeh membuat masakan ini lebih kaya rasa dan membedakannya dengan ayam masak kecap yang biasa saya buat.
Mbak Bunda Ela, makasih sudah memberikan banyak inspirasi masak untuk saya di sepanjang tahun 2019.

Bahan-bahan:
5 potong

1/2 potong dada ayam
1 buah jeruk
3 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah
1 buah kentang
Penyedap rasa (saya skip)

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 sdt merica butiran
1 ruas jahe
secukupnya Minyak goreng

Bumbu rempah :
1 ruas kayu manis
2 buah cengkeh

Pelengkap :
1 batang seledri
1 sdm bawang goreng

Langkah:
1. Pertama siapkan bahan-bahan agar tidak ada yang tertinggal.


2. Bersihkan ayam, kemudian potong menjadi lima bagian. Beri perasan air jeruk.


3. Kemudian beri kecap manis, garam, dan gula merah. Aduk rata sambil agak sedikit diremas agar bumbu meresap sempurna. Marinasi selama kurang lebih 15 menit.



4. Kupas kentang, cuci, lalu potong dadu agak besar. Sisihkan.



5. Selanjutnya buat bumbu halus. Dalam cobek masukkan bawang merah, bawang putih, mmerica dan jahe. Uleg hingga halus. Untuk bumbu halus boleh diblender boleh juga diuleg.



6. Siapkan wajan, panaskan sedikit minyak. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga harum. Kemudian masukkan cengkeh dan kayu manis. Aduk rata.



7. Kemudian masukkan daging ayam yang sudah dimarinasi. Aduk rata hingga ayam berubah warna kemudian masukkan kentang, aduk rata.



8. Tambahkan air secukupnya. Lalu masak hingga danging ayam matang dan air menyusut.



9. Setelah ayam matang. Angat ayam, pindahkan ke dalam piring. Beri taburan bawang goreng dan daun seledri. Bistik Ayam Banjar siap dinikmati.





from Resep Aneka Ikan https://ift.tt/2xjXH5L
Bistik Ayam Banjar by Silva Malexhi Resep Masakan Ikan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+