-->
Minggu, 09 Agustus 2020

Bihun Goreng ala Ibu Penjual Nasi Uduk by : Windri Aries | Resep Masakan Ikan



Bihun Goreng ala Ibu Penjual Nasi Uduk
by : Windri Aries

Bismillah
Judul mewakili kerinduan saya jajan bihun buatan si ibu penjual nasi uduk dekat rumah saya. Bihunnya sederhana sekali, standar untuk jualan lah, tapiii rasanya menurut saya lebih dari sederhana. Pernah iseng tanya ke si ibu, kenapa bihunnya bisa enak begitu, beliau jawab kuncinya di bumbu tumis yang tanak dan pemakaian ebi yang banyak. Jadi resep ini saya buat kira-kira saja berdasarkan resep andalan si ibu. Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan, dapat pujian dari keluarga dan bihun gorengnya pun ludes 😁

(Resep untuk 5 porsi)

Bahan-bahan :
3 keping bihun, rendam air panas
5 lbr sawi hijau, potong sesuai selera
1/4 bagjan kol, potong sesuai selera
1 buah wortel (tambahan saya), potong korek api
3 buah baso (tambahan saya), potong sesuai selera
1 btg daun bawang, iris tipis
Secukupnya kecap manis
Secukupnya garam dan gula
Secukupnya air
Secukupnya minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 buah cabe merah keriting (tambahan saya)
1 sdt lada bulat
3 butir kemiri
1 sdm ebi, rendam air hangat sebentar

Bahan Pelengkap :
Sambal kacang
Kerupuk

Langkah :
1. Siapkan bahan-bahannya. Bihun yang sudah direndam air panas, tiriskan, biarkan sampai suhu ruang. Kalau saya terbiasa mencampur kecap di awal, tujuannya supaya tercampur lebih merata dan masak jadi lebih praktis.


2. Tumis bumbu halus sampai tanak, gunakan api kecil saja, diaduk-aduk terus ya. Besarkan api sedang, masukkan baso dan wortel, aduk merata sampai layu, tambahkan air, masak sampai wortel cukup empuk. Lalu masukkan sawi dan kol, aduk rata. Masukkan bihun, garam dan gula, aduk rata. Koreksi rasanya.




3. Jika sudah pas rasanya, terakhir masukkan daun bawang, aduk rata. Matikan kompor. Bihun goreng siap disajikan dengan sambal kacang dan kerupuk.







from Masakan Rumah https://ift.tt/2PDptzA
Bihun Goreng ala Ibu Penjual Nasi Uduk by : Windri Aries Resep Masakan Ikan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+