-->
Rabu, 26 Agustus 2020

Garang Asem Sayap Ayam #pr_masakanbungkusdaun by : Indry Hapsari | Resep Masakan Ikan



Garang Asem Sayap Ayam #pr_masakanbungkusdaun
by : Indry Hapsari

Masakan ini salah satu masakan wajib dirumah saya. Resep saya dapat dulu dari mama mertua. Semua doyan kebangetan. Si sulung kalau sakit dan ga mau makan saya buatin ini pasti langsung muncul nafsu makannya. Rasanya yg segerr guriih dan wangi memang bikin makan jadi lahap. Tentunya kalau untuk si bungsu saya skip cabe2annya. Kalau buat saya harus ekstra cabenya. Pas makan tuh cabe dibejek-bejek ke kuahnya beuuuuggh sedaaap asem gurih pedaass bikin kalap makan πŸ˜‚. Dan favorit sekeluarga bagian sayap yg dibikin. Dipadankan dengan ketupat atau lontong juga ini endeuss loh πŸ‘πŸ‘Œ.

Bahan-bahan :
9 potong sayap ayam
200 ml santan sedang, bagi 3
πŸ”Bisa jg pk santan instan 65 ml ditambah air 150 ml
Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk ayam non msg (bs ganti/skip)
Secukupnya daun pisang untuk membungkus
3 lembar plastik anti panas

Rempah Daun :
6 lembar daun salam
3 batang serai, memarkan
9 buah cabai rawit merah/jablay
πŸ”Saya siapin 6 utk 2 bungkus, karena yg 1 bungkus tanpa cabai

Bumbu Iris :
5 siung bawang merah uk besar, iris halus, bagi 3
3 siung bawang putih, iris halus, bagi 3
3 buah cabai merah keriting, iris serong, bagi 3
6 buah belimbing wuluh, potong-potong, bagi 3

Langkah :
1. Cuci bersih sayap ayam, beri garam dan air perasan jeruk nipis, remas-remas, diamkan bbrp saat, lalu cuci bersih kembali, tiriskan, sisihkan


2. Siapkan daun pisang potong jd 6 lembar, lap sampai bersih, lalu taruh 1 lembar plastik anti panas diantara 2 lembar daun pisang (gunanya mencegah bocor, maklum saya kurang pintar bungkus membungkus πŸ˜…). Siapkan bumbu iris. Saya bikin 3 bungkus tp yg satu untuk bocah tanpa cabe-cabean.


3. Letakan 1 lembar daun pisang,tumpuk diatasnya dengan plastik anti panas, lalu tumpuk lagi dengan 1 lembar daun pisang. Taruh daun salam dan serai, kemudian beri 3 potong sayap ayam, tabur bumbu iris, beri cabai rawit merah/jablay, lalu beri garam, gula, kaldu bubuk ayam non msg. Bentuk menyerupai bungkusan tum. Lalu tuang santan. rapat kan bungkusan, semat dengan lidi atau hekter dengan staples. Lakukan sampai selesai.


4. Kukus dalam dandang sampai kurang lebih 1 jam atau sampai ayam lunak dan matang. Untuk menghemat waktu tadi saya pakai pressure cooker 45 menit. Angkat, siap disajikan.


5. Sajikan bersama nasi hangat. MashaAllah tabarakallah.. alhamdulillah enak dan selalu berhasil bikin anak-anak dan paksu lahap makannya 😍😊.






from Masakan Rumah https://ift.tt/3jlmh8n
Garang Asem Sayap Ayam #pr_masakanbungkusdaun by : Indry Hapsari Resep Masakan Ikan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+