-->
Selasa, 29 Desember 2020

Ayam Goreng Serundeng by : @fridajoincoffee | Resep Masakan Ikan


Ayam Goreng Serundeng

by : @fridajoincoffee

Untuk hemat waktu masak di dapur, pastikan nyetok makanan di freezer. Apalagi kalo pagi² buru² anak mo sekolah online atau bekal kerja buat yg ga wfh. Atau pas makan malem, bawaannya males banget mau masak .. frozen food ini sangat² menolong banget. Tapi stok makanan di freezer tidak melulu sosis dan nugget atau makanan siap saji yg kita beli di supermarket, bisa juga kita bikin versi selera kita .. lebih hemat sehat dan praktisssss. Misalnya cemacem ayam ungkep: ayam goreng serundeng, ayam goreng lengkuas, ayam bakar, sate ayam. Ikan jg kita marinasi dan simpan freezer. Atau perdagingan, bisa dimarinasi teriyaki, atau sate kambing siap panggang. Atau bakso sapi/ikan dan nugget. Pempek/otak² juga bisa .. ..

Kalo misalnya ada yg komen .. "aaah ga enak kalo makanan frozen, ga seger, kurang nendang. Mending langsung masak fresh aja." Gini mak, ga semua orang kondisinya sama. Ada yg waktunya longgaaar, memang orangnya gesit, jadi masak cepet dan masih bisa rebahan. Tapi ada juga yg waktunya ga banyak, kudu kerja, atau momong baby atau dagang. Masak kudu serba diburu². Yaa menyesuaikan kondisi yaa. Aku yakin masing² kita sendirilah yg paling tau managemen yg terbaik untuk dapurnya. Okay makk, love you all ❤ ..


Bahan-bahan :

1 ekor ayam, potong 12

1/2 butir kelapa, parut

4 siung bawang merah

5 siung bawang putih

1 jempol lengkuas

1 ruas kunyit

1 ruas jahe

2 batang serai, geprek

5 lembar daun salam

garam


Cara Membuat :

🍗 cuci bersih ayam. Didihkan air, lalu masukkan ayam, biarkan mendidih selama 5 menit, buang airnya, lalu tiriskan ayam supaya benar2 bersih.

🍗 haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, dan jahe.

🍗campurkan bumbu halus dengan  ayam, tambahkan air hingga ayam terendam. Masukkan salam dan serai, juga garam. Rebus dengan api sedang hingga air agak menyusut. Tiriskan ayam.

🍗 masukkan kelapa parut ke dalam panci isi air bumbu sisa rebusan ayam ungkep tadi. Rebus hingga air bumbu benar2 susut, tapi jangan sampai gosong. Kemudian angkat dan dinginkan.

🍗 setelah ayam ungkep dingin, kemas dalam box kedap. Boleh per porsi untuk sekali goreng supaya mudah ngambilnya di freezer. .. ..





from Masakan Rumah https://ift.tt/3aRT8AM
Ayam Goreng Serundeng by : @fridajoincoffee Resep Masakan Ikan

Baca Juga Resep Lainnya di Bawah Ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+